Jumat, 26 Juni 2015

Kuliah Umum Penulisan Kreatif

Halo pembaca Bara!
Jum'at (25/6) kemarin, pembaca bara Pontianak mendapat kesempatan untuk ikut kuliah umum oleh Bernard Batubara aka dosen bara 😊. ini merupakan kegiatan rutin bulanan perpustakaan daerah Kalimantan Barat untuk mengadakan acara semacam ini.

Acara dijadwalkan dimulai pukul 16.30.Saya yang sudah nangkring di aula perpus tempat acara dari pukul 15.30, daripada gak ada kerjaan nungguin acara dimulai mulailah mendekat ke area teman teman yang lagi nyiapin takjil buat buka puasa. Ada yang lagi motong semangka, naruh kurma di piring piring, ada juga yang cemasin kenapa korketnya belum nyampe.  Wahh ternyata benar, setelah kuliah umum bakalan ada buka puasa bareng juga. Asiiiikkk

Pukul 16.30- harusnya acara udah dimulai, tapi masih adem adem aja panitianya, karena Bara nya belum datang, apa bawaan diluar hujan kali ya, sudah dua minggu bumi khatulistiwa ini gak diguyur hujan. Duhhhh

Sepuluh menit menunggu, acara dimulai dengan diambil alih oleh Pay Jarot Sujarwo aka bang Pay Sepok sebagai host. Oh iya, bang Pay inilah sang penyelenggara kegiatan yang menghadirkan bara. Beliau juga host di acaranya sendiri: Pay Sepok yang tayang di PONTV. Lengkaplah sudah kita bakalan masuk tv heuhehe.

"Bentar ye, Bernard lagi otewe" celetuk Pay mencoba menghibur peserta kuliah yang mulai bosan. Selang beberapa detik ada denting pesan masuk dari tabletnya

"Bernard udah dibawah, guyyyss" kata bang Pay

Gak lama kemudian bara pun tiba, memberi salam dan menyapa kita semua.

"Formal banget tempatnya bro" bara langsung duduk di kursi yang sudah disediakan. Pay hanya tertawa dan menjelaskan "gak papa tempatnya formal, tapi acara kita santai aja kan yaa, oke silahkan bro, this is your stage"

Bang Bara mulai menyampaikan materi, banyak sekali yang dia sampaikan, tentang creative writing dan prosesnya, bagaimana memperkaya ide untuk menulis, rekomendasi bacaan bagus menurutnya, dan banyak lagi yang garis besarnya aku rangkum pada poin poin dibawah ini:

1. Menulis itu hanya perkara apa dan bagaimana. Apa yang akan kamu sampaikan, dan bagaimana cara menyampaikannya.
2. Keresahan sebagian penulis adalah klise, dan mereka berusaha keras menghindari itu dalam menciptakan karya. Mainset seperti itu sebenarnya harus diubah.
3. Dalam menulis, ketahuilah teks dan konteks karyamu, contoh: novel laskar pelangi, teks: anak yang bersekolah di luar negeri, konteks: kemiskinan di bangka belitung. "Sering sekali saya menemukan penulis yang gak ngerti teks dan konteks karnyanya, padahal itu sesuatu yang gak bisa dilepas, ini fondasi sebuah tulisan"
4. Berusahalah sebaik baiknya dalam menempatkan narasi atau dialog dalam tulisan. Just see from the context.
5. Narasi yang baik adalah narasi yang seperti sungai. Jernih, mengalir dan menghanyutkan. Sesederhana mungkin
6. Buku yang bagus adalah buku yang deskripsinya muncul di saat yang tepat.

Itu lah dia kira kira garis besar yang Bara sampaikan tentang penulisan kreatif. Acara pun break untuk buka puasa. Gak terasaaa ya hehehe
fokus kemana hayo?

Begitulah gambaran kegiatan kuliah umum penulisan kreatif oleh Bernard Batubara di pontianak. Diakhir acara, dia menyampaikan terimakasih untuk peserta, penyelenggara, dan para pembaca bara!.
Ini ada sesuatu dari Bara untuk disampaikan pada pembaca bara (just click and focus) hahahaha
video
" menulis itu mencari kesenangan, tulislah sesuatu yang penting untuk disampaikan, and just enjoy the process"-BB
Semoga bermanfaat,
DPDPB Pontianak




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com